Universal Apps (RememberMe) Part 1: Pengenalan lingkungan VS 2013

Apa itu Universal Apps ?

Universal Apps adalah aplikasi yang dapat berjalan di dua platflom (Windows Phone dan Windows 8.1) yang berbeda dengan code yang sama. Dengan hal ini developer dimungkinkan membuat membuat dua apps dengan share code code yang sama.

Cara membuat project universal apps di VS 2013 Update 2

  1. Silahkan klik file>new project, nanti akan keluar tampilan seperti dibawah ini
  2. Pilihlah bahasa yang akan anda gunakan. Disini saya menggunakan bahasa C#, ada juga dapat menggunakan bahasa basic, C++.
  3. Pilih bahasa pilihlah Store Apps, di situ ada pilihan Universal Apps, Windows Apps, Windows Phone Apps, karena kita ingin membuat Unerversal Apps maka kita pilih yang Universal Apps.
  4. Kemudian pilih Blank App, di blank app ini nanti akan tidak ada template sama sekali, apabila anda ingin mengunakan template dari VS anda dapat memilih Hub App
  5. Isilah Name sesuai nama aplikasi yang akan kalian buat kemudian klik OK

Strukture file Universal Apps


Biasanya apabila kalian membuat apps di Windows Phone ataupun di Windows 8.1 hanya akan muncul solution Windows atau Windows Phone saja, sedangkan di Unviersal Apps kedua solution itu akan muncul semua dan ditambah kan solution shared.
Solution shared ini berfungsi sebagai jembatan atara solution WindowsPhone dengan Windows, selain itu semua coding yang berada dalam solution Shared akan dapat digunakan atau di akses di solution Windows maupun Windows Phone

Perbedaan tampilan Windows dan Windows Phone

Windows Phone

Windows 8.1


0 komentar: